Kripto Kompak Runtuh, Ini Penyebabnya


Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar kripto turun hari ini (8/5/2024) setelah Grayscale membuat langkah mengejutkan dengan menarik pengajuan 19b-4 untuk dana berjangka yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Mengacu KoinMarketCap Pada Rabu (5 Agustus 2024) pukul 06:25 WIB, pasar kripto melemah. Bitcoin turun 1,56% menjadi $62,367.14, meskipun berada di zona positif 3,09% setiap minggunya.

Ethereum berada di zona merah 1,9% dalam 24 jam terakhir, meski cenderung tumbuh 0,37% dalam seminggu

Solana kehilangan 3,13% setiap hari, sementara terbang 17,35% setiap minggu.

Demikian pula, dogecoin berada di zona merah sebesar 4,33% selama 24 jam terakhir, sementara itu melonjak 13,06% selama tujuh hari terakhir.

CoinDesk Market Index (CMI), yang mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital, turun 1,66% menjadi 2,472.27 Open interest turun 1,13% menjadi $55,06 miliar.

Sedangkan indeks ketakutan dan keserakahan yang dilaporkan dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 57 yang menunjukkan bahwa pasar berada pada fase netral dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dikutip dari kointelegraf.comGrayscale telah membuat langkah mengejutkan dengan menarik pengajuan 19b-4 untuk ETF ethereum (ETH), hanya tiga minggu sebelum regulator sekuritas dipaksa untuk mengambil keputusan mengenai hal itu.

Sebelumnya, SEC dijadwalkan untuk membuat keputusan akhir mengenai ETF berjangka Grayscale Ether pada 30 Mei.

Grayscale awalnya mengajukan pengajuan 19b-4 pada 19 September 2023 untuk ETF berjangka ETH, yang, jika disetujui, akan terdaftar di Bursa Efek New York.

Analis Bloomberg ETF James Seyffart awalnya percaya bahwa Grayscale berencana menggunakan masa depan Ether ETF secara strategis untuk mempengaruhi SEC dalam menyetujui ETF Ether.

Namun dia menyatakan kebingungan mengapa Grayscale menarik diri sekarang karena SEC akan dipaksa untuk membuat keputusan apakah akan menyetujui atau menolak setidaknya satu permohonan spot untuk ETF Ether pada tanggal 23 Mei, sekitar dua minggu lagi.

Dalam beberapa bulan, rekan Seyffart dan Bloomberg ETF Eric Balchunas memiliki peluang 25% bahwa ETF spot Ether akan disetujui pada 23 Mei, turun dari 70% di bulan Januari.

Namun, komentar Ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada 7 Mei menunjukkan bahwa SEC masih mempertimbangkan keputusannya mengenai ETF Ether.

FYI, SEC harus memutuskan permohonan VanEck pada tanggal 23 Mei, sedangkan ARK 21Shares dan Hashdex memiliki tenggat waktu pada tanggal 24 Mei dan 30 Mei.

RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

Artikel lain

Bitcoin jatuh ke $39,000, mata uang kripto melonjak bersamaan

(putaran/putaran)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *