Menpora Percepat Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Mampukah Mereka Bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Begitu pula Ariotedjo berjanji akan mempercepat proses naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven. Ia mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum kedua pesepakbola tersebut resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Verdonk dan Raven sebelumnya telah berkunjung ke Indonesia untuk mengurus dokumen naturalisasi. Ia juga bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Maarten Paes pun hadir dalam pertemuan tersebut usai pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia pada Selasa, 30 April 2024. “Kalau naturalisasi, kan tahu banyak pemangku kepentingan dan pemerintah yang terlibat. Tapi pasti kita usahakan bisa cepat selesai,” ujarnya di kantor. Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2024.

Verdonk dan Raven akan melengkapi daftar pemain naturalisasi timnas Indonesia. Saat ini ada 11 nama naturalisasi yang tergabung dalam tim Merah Putih pimpinan Shin Tae-yong. Mereka adalah Jordi Amat, Jay Idzes, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Marc Klok.

Kehadiran Verdonk dan Raven, serta Maarten Paes membuat PSSI punya 14 pemain naturalisasi. Ia merupakan pemain naturalisasi terbanyak sepanjang sejarah timnas Indonesia.

Verdonk adalah bek kiri berusia 27 tahun yang saat ini bermain untuk klub Belanda NEC Nijmegen. Ia memulai karirnya di akademi Feyenoord dan bermain untuk banyak klub Eropa seperti FC Twente, Famalicao dan PEC Zwolle. Darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya berasal dari ayahnya yang merupakan warga Meulaboh, Aceh.

Periklanan

Raven adalah striker berusia 18 tahun yang bermain untuk klub divisi dua Belanda Dordrecht U-21. Ia sebelumnya menimba ilmu di akademi Nootdorp Jeugd, lalu melaju ke tim utama SV Nootdorp. Namun pemain berdarah Indonesia dari neneknya asal Yogyakarta itu kabarnya belum memiliki kontrak profesional.

Agenda selanjutnya Timnas Indonesia Usai Piala Asia U23 2024, ada kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni. Tim Garuda akan menghadapi Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024 di Jakarta.

Meski begitu, Dito belum bisa memastikan apakah proses naturalisasi Verdonk dan Raven akan selesai sebelum agenda ini terlaksana. Ketika ditanya seberapa besar peluang mereka untuk bermain, menteri berusia 33 tahun itu hanya menjawab singkat: “Kami akan melihat potensinya.”

Pilihan Editor: Pratinjau Timnas U-23 Irak vs Indonesia dalam perebutan tempat ketiga Piala AFC U-23 2024 malam ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *