Daripada pasta gigi atau kecap, ini pertolongan pertama untuk lecet: Okezone health

KAPAN Jika kulit Anda tidak sengaja terkena air panas, kebanyakan orang akan memilih pasta gigi untuk membantu meringankan efek samping kejadian tersebut.

Selain air panas, lecet juga bisa muncul di kulit akibat kontak dengan benda panas seperti pipa knalpot atau alat masak yang panas.

Bahkan baru-baru ini viral seorang wanita tanpa sengaja terkena air panas di tangannya. Lalu sang suami menyarankan untuk mengolesi kecap manis di tangannya.

Asumsinya, dengan mengoleskan kecap manis pada bagian yang melepuh, rasa nyeri dan bengkaknya akan hilang.

Lepuh

Menanggapi hal tersebut, pelatih kesehatan bersertifikat, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K menegaskan, pengobatan luka bakar dengan pasta gigi, kecap, dan minyak hanyalah mitos belaka.

Ia menjelaskan, tangan atau bagian tubuh yang melepuh setelah menyentuh benda panas sebaiknya didiamkan dalam air mengalir selama 20-30 menit.

“Jadi kalau ada luka bakar, tidak perlu diolesi pasta gigi, kecap, minyak atau apa pun. “Cukup masukkan tangan Anda ke dalam air mengalir selama sekitar dua puluh hingga tiga puluh menit,” kata Dr. Dion dikutip dari akun Instagram @dionharyadi pada Minggu (12/5/2024).

Jika Anda membiarkannya di air mengalir, maka Dr. Dion menyarankan untuk mengoleskan setting gel, gel lidah buaya, atau krim antibiotik untuk meredakan lepuh.

“Kemudian bisa dibubuhi shooting gel, gel lidah buaya, atau semacam krim antibiotik di atasnya,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun jika luka bakarnya parah dan cukup luas, sebaiknya segera bawa ke IGD untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif dan berkualitas.

Menurut Dr. Dion, luka bakarnya sebaiknya dibalut menggunakan plastik wrap. Namun jangan terlalu kencang, pastikan saja lukanya sudah terbalut sempurna sebelum Anda membawanya ke IGD.

“Sebelum ke IGD, sebaiknya luka bakar dibungkus dengan plastik wrap, namun tidak harus terlalu rapat. “Agak kendor ya nggak apa-apa, yang penting lukanya tertutup,” ucapnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *